Renungan

Terlalu banyak dosakah, hingga aku seperti ini?

Otak yang tumpul, nalar yang mandek, semangat yang rendah, keyakinan yang buruk, perjuangan yang setengah-setengah.

Hatiku dipenuhi iri dan gila puja-puji. Targetku bukan hasil yang maksimal itu sendiri, tapi puja-puji yang hadir bila aku mendapatkannya. Bila dikaji dari niatnya, semua itu sudah salah kaprah. Memang sih sepertinya bener di mata orang-orang. Karena apa yang hati ingini tak teraba oleh indra manusia. Tapi bisa memang menyembunyikan semua itu dari Alloh?

Itu lah, Son. Benerin niat dulu. Lurusin selurus-lurusnya. Terkadang, diri lu sendiri aja nggak ngenalin niat apa yang sebenernya tergores di dalam hati. Gimana mau jalan bener? Sementara Alloh, sampai detail dalam hati lu aja tahu. Lebih tahu dari diri lu sendiri.

Pfiufhhh… emang bener sih. Sampai sekarang aku juga masih mempertanyakan, emang sudah bener ya niat gw selama ini?

Kuliah buat apa? Kerja buat apa? Sholat buat apa? Berbuat baik buat apa?

Bukan ridho Alloh yang selama ini aku cari. Tapi pengahrgaan dan penghormatan dari orang. Astaga! Padahal, penghargaan dan penghormatan dari makhluk tak membawa kebaikan apapun. Tak membuat perubahan sedikitpun. Kalau Alloh tidak berkehendak, sebanyak apapun makhluk yang menghendaki, nggak bakalan kesampaian. Begitu juga ketika Alloh berkehendak, mau dikata orang seisi bumi nggak mau, tetep aja bakal kejadian.

Itu kadang yang membuat lu takut, Son. Jadi mikir-mikir terus. Entar kalo orang nilai begini gimana ya? Entar kalo orang nilai begitu gimana ya? Akhirnya jadi risau, ragu. Dan ujung-ujungnya malah nggak ngapa-ngapain. Padahal peduli amat sama orang. Emang mereka ngasih makan kita? Ngasih kita napas? Ngasih kita hidup? Engga’ kan? Seharusnya, selama yang kita yakini nggak ganggu orang, lakuin aja. Bismillah, udah beres. Terserah orang mau bilang apa. Bukan begitu?

Kuliah ngejar nilai. Biar kalau nilainya bagus cari kerja gampang. Ya ujungnya kalau fokus cuma ke nilai, cara apapun halal. Ilmu nggak paham juga nggak penting. Harusnya kan nggak begitu? Harusnya fokus dulu ke ilmu. Nanti yang lain juga bakalan ngikut. Masa iya, paham ilmunya nilainya jelek. Engga’ kan? Masak iya tahu ilmunya malah nggak dipake di perusahaan yang membutuhkan. Malah milih yang nilainya bagus tapi plonga-plongo. Lagian , siapa sih yang ngasih kerjaan? Si Boss? Haha, salah gede lu. Iya sih, secara kasat mata emang si boss. Tapi sebenarnya kan yang ngasih kerjaan kita ya SI BOSS BESAR kita semua, ALLOH SWT. Jadi jangan khawatir nggak dapet kerja. Semut aja dikasih makan sama Alloh. Masa’ iya kita engga’.


Trus, kalau sekarang aku mentok dan nggak paham-paham gimana? Sementara besok udah UAS. Nggak enak juga kalau aku di tempat kerja belajar mulu. Kapan kerjanya?

Yang membuat paham siapa? Alloh kan. Minta lah sama Alloh. Berdoa, biar dimudahkan belajarnya. Jangan lupa doain temen-temen juga, biar dimudahkan juga dalam belajarnya. Kadang-kadang suka gitu sih. Doa egois, minta diri sendiri doank yang dimudahin, yang lain engga’. Biar ntar kalau nilainya bagus yang bagus sendirian doank. Lihat lagi tuh tentang orientasi kuliah itu apa. Biar nggak egois! Nilai bagus itu cuma bonus. Lu bayangin aja kalau lu udah bener-bener belajarnya, tiba-tiba nge-blank nggak inget apa-apa. Emang siapa yang bisa bikin begitu? Alloh itu Maha Kuasa. Apapun bisa terjadi.

Ya, tapi lu jangan gampangin juga. Lakuin sunatullahnya. Belajar mah kudu. Wajib itu. Nggak ada itu namanya serta-merta. Mak bedunduk tiba-tiba ada. Semua itu usaha, proses dan doa.

Kalau aku ngantuk gimana? Sudah baca sekali, tapi nggak paham.

Gw bilang apa? Jalanin dulu prosesnya. Masih inget kan waktu PHP. Belajar sampai jam dua malem. Pas di kelasnya kurang begitu maksimal nyesel nggak?

Nyesel sih nggak. Tapi kurang puas iya. Aku mikir, pasti aku bisa lebih dari itu.

Itu yang gw maksud. Urusan lu mah sampai prosesnya aja. Perkara hasilnya nanti seperti apa ya pasrahin aja sama Gusti Alloh. Wong hasil yang lu dapet itu bukan karena usaha lu yang sampe malem itu. Tapi karena kebaikan Alloh swt. Jangan sombong lah, Son. Karena lu itu orangnya mudah terkena godaan sombong. Diangkat dikit aja sudah melambung. Itu jebakan syaiton, Boy. Ati-ati!

Iya. Sudah agak legaan nih. Emang harusnya pas belajar gini aku nggak mikirin nanti hasilnya gimana. Target sih emang harus dibikin. Fantastic 4. Tapi ya itu tadi, itu kan biar jadi pemicu usahaku biar maksimal. Tapi nantinya jadi fantastic 4 apa engga’, biar Alloh nanti yang menentukan. Pasrahin aja.

Sungguh, aku sebenarnya hanya pengen jadi orang dengan pemahaman yang baik tentang hidup. Bahwa hidup ini harus kujalani dengan penuh kebaikan. Berbaik sangka terhadap Alloh SWT. Memberikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada orang lain. Membersihkan hati dari iri, dengki, sombong, tidak bersyukur, hasat, dan segala sifat buruk lainnya. Ingin terlepas juga dari pamrih yang sering aku tampakkan. Walopun kadang tidak sadar.

Kenapa ya kalau aku nulis pasti keluar semua sifat-sifat burukku. Pesimiskah aku?

Engga’, Son. Bukan pesimis. Lagi instropeksi aja. Ternyata selama ini masih banyak hal yang lu anggap bener, ternyata niat lu salah. Makanya dari sekarang harus dilatih. Nggak ada proses instant yang sehari dua hari jadi. Semua itu butuh waktu. Bisa sehari, dua hari, sebulan, setahun, sewindu,bahkan seumur hidup lu. Karena memang tidak akan ada habis-habisnya kita belajar untuk menjadi baik, baik dan lebih baik lagi. Selama hidup kita, kita tidak akan pernah menjadi baik sebenar-benar baik. Kita harus terus belajar, belajar, dan belajar.

Ya Alloh, tuntun lah hatiku menuju padaMu. Ikatkan lah dalam hati ini buhul-buhul iman dengan teguh. Agar tak terlepas lagi, meski ada badai nafsu melanda. Karena aku tahu Ya Alloh, seberapa kuat imanku sekarang ini. Tanpa pertolongan dariMu, tentu aku akan jadi makhluk yang sangat hina di hadapMu. Mungkin sekarang pun, aku sudah sangat hina di hadapanMu. Tapi semoga, ENGKAU berkenan membimbing lagi hati yang lemah ini kejalanMU.

Kelak, semoga ENGKAU berkenan mengajarkan aku pemahaman yang baik tentang hidup. Apa yang aku cari. Apa hikmah ilmu kehidupan. Lagi-lagi semua tidak instan. Proses, proses dan proses. Tuntun lah aku mencari hikmah dari semua ini.
Ilmu dariMu…
Previous
Next Post »