Solusi Tombol Power Smartphone yang Rusak


Selamat pagi, sedulur-sedulur. Bersama Energen Rasa Jagung dan Youtubenya Dzawin yang Alkomenu bersama Yudha Keling. Selamat hari Jumat, semoga berkah selalu menyelimuti hari-hari kita. 

Berdasar pengalaman bersama Redmi 2 Prime yang sudah menemani sekira 4 - 5 tahun terakhir ini, gue mau cerita terkait tombol power yang tetiba tidak mau lagi dipencet. Gejalanya sih sudah muncul beberapa waktu sebelumnya, cuma karena gue pikir masih bisa dipakai ya hajar aja lah. Gaskeun terus! 

Tombol Power yang mulai keras saat dipencet, pada takdir yang sudah ditentutkan, tetiba sudah tidak bisa dipencet sama sekali. Pas gue buka, alahmakjang, sudah kerepes habis. Karetnya sudah hilang. Pantes aja dipencet ngga respon sama sekali. 

Awalnya sudah keder aja sih. Yahhh, masak nyari HP lagi sih? Soalnya pas gue browsing-browsing, HP yang rusak tombol powernya memang sudah tidak bisa diapa-apain lagi. Tetapi setelah browsing berlanjut, gue menemukan App gratisan di playstore yang membantu gue untuk berhemat karena tidak harus beli HP baru. Haha. 

Nama aplikasinya Volume Unlock. Cukup ringan sih aplikasinya. Awalnya gue sempet khawatir sama baterainya, karena dari beberapa review yang sudah gue baca, aplikasi ini katanya makan daya baterai cukup banyak. Tapi setelah beberapa minggu gue pakai, selain fungsionalitasnya yang ciamik dan sangat membantu sekali menggantikan fungsi tombol power, alhamdulillah aplikasi ini (menurut gue) tidak mengkonsumsi daya baterai yang banyak. Yaaaa, mungkin karena pada dasarnya baterai redmi 2 prime yang buat ukuran tahun 2019 sudah old skull banget ya, hehe, rata-rata baterai jaman sekarang sudah 5000mAh sementara redmi 2 prime masih di 2200mAh, jadi kalau daya tahannya ngga bisa maksimal sepertinya memang sudah dari sononya, bukan tersebab aplikasi yang gue pasang. 

Kalau disuruh ngasih rating dari 1 sampai 5, aplikasi Volume Unlock ini bolehlah gue nilai 3,9 menjelang 4. Paling enggak buat sementara ini lah, selama gue pakai beberapa minggu terakhir. Semoga sih selalu ciamik aplikasinya, karena jujur, sangat membantu gue.

Begitu dulu saja, sedulur. Semoga apa yang gue share bisa sedikit membantu sedulur-sedulur yang menemukan masalah yang sama. Tapi kalau mau beli HP baru kekinian ngga papa juga sih daripada pakai HP yang tombol powernya sudah rusak. Hahaha. Gue kan cuma ngasih solusi kecil.

Adios permios.


Latest
Previous
Next Post »