Cerita Film Free Birds (2003)


sumber gambar :  freebirds
Selalu saja, menyaksikan film animasi memberi kejutan yang tidak biasa buat saya. Ide-ide yang sebenarnya sederhana, tapi dibuat begitu rupa dan di eksekusi dengan kesungguhan nyata. Menjadi sesuatu yang masuk akal, walaupun kita tahu, itu hanya fiksi saja. Imajinasi dari sang pembuat cerita.

Seperti film Free Birds yang sekian waktu lalu selesai saya tonton. Ini sebenarnya film lama, di tahun 2003. Hanya, tak sengaja saya menyaksikan film ini saat perjalanan kereta saya di Malioboro Express, bersama istri saat pulang ke rumah Kediri. Saya hanya sempat nonton sebagian saja, karena belum selesai film di putar, layar TV di gerbong saya tayangannya berganti. Berubah menjadi berbagai macam tayangan yang kurang menarik minat saya. Dari kentang nonton di kereta itulah, sepulangnya ke Jogja saya mencari film ini untuk menuntaskan rasa penasaran.

*****

Tokoh utama film ini bernama Reggie, seekor kalkun yang lahir berbeda dari kalkun lainnya. Reggie adalah kalkun yang besar di peternakan dan dikucilkan oleh kawanan kalkun lainnya karena sudah berbeda dari semenjak dia lahir. 

Karena dikucilkan, Reggie kerap menyendiri. Memisahkan diri dari kawanan kalkun lainnya. Menepi ke rumah sang majikan sambil melihat kehidupan manusia. Hingga tak sengaja, Reggie melihat para manusia duduk di meja makan menyantap kalkun yang sudah disajikan untuk disantap.

Menyadari kenyataan itu, Reggie mencoba memberi tahu kawanannya tentang fakta ini. Namun peringatan Reggie seperti dianggap angin lalu. Tak ada yang hendak percaya perkataannya. Hingga suatu ketika, ada salah satu kalkun yang tak sengaja mengetahui kenyataan yang coba Reggie sampaikan. 

Reggie merasa menang, akhirnya kawanannya percaya padanya. Namun, belum sempat Reggie merasa bangga atas kebenaran yang dimilikinya, kawanan itu menumbalkan Reggie untuk dipotong pada hari Thanksgiving. 

Nasib baik berpihak pada Reggie, ternyata Reggie diambil bukan untuk dipotong. Melainkan jadi salah satu hewan yang mendapat pengampunan thanksgiving oleh presiden. Itu berarti, Reggie akan dibawa oleh presiden untuk dipelihara. 

Namun, lagi-lagi nasib baik Reggie hanya bertahan sementara. Kemenangan semu. Baru saja menikmati kesenangannya menjadi hewan peliharaan presiden dengan segala fasilitasnya, Reggie tiba-tiba diculik oleh kalkun lainnya bernama Jake. Jake adalah anggota Pembebasan Kalkun. Jake pernah didatangi oleh The Great Turkey, Kalkun Terhebat,  yang menyuruhnya untuk mencari Reggie demi melaksanakan misi penghapusan kalkun dari menu hari Thanksgiving. 

Caranya? Jake dan Reggie akan menyusup ke markas pertahanan Amerika yang menyimpan mesin waktu. Dari mesin waktu itulah mereka akan menuju tahun dimana hari thanksgiving pertama kali dilaksanakan. Misi mereka adalah menghapuskan kalkun dari daftar menu di hari thanksgiving. 

Lalu berhasilkah misi keduanya? Yap, mereka berhasil sampai pada tahun dimana thanksgiving pertama kali digelar. Namun, mereka justru membuat kekacauan. Bukannya menjalankan misi dengan baik, mereka justru membuat misi menjauh dari apa yang diharapkan. 

Namun, dari hal-hal kacau itu, dari hal-hal buruk yang terjadi, Jake dan Reggie mencoba membenahi semua itu. 

*****

Yaaa, film ini ngga wow-wow banget sih. Tapi ngga rugi juga buat dinikmati. Dan ada twist juga tentang siapa The Great Turkey yang pernah mendatangi Jake. Bila tertarik, sila dicari sendiri dan selamat menikmati.
Previous
Next Post »