Tips Memilih Aplikasi Perekam Layar (PC Capture Video)


Buat yang hobi bikin video tutorial, terlebih tutorial terkait install aplikasi ataupun review aplikasi komputer, pasti butuh aplikasi perekam layar yang bisa diandalkan. Baik diandalkan dari segi kemudahan penggunan, maupun kemudahan dari segi sisi spec komputer kita agar tidak terlalu berat saat di install.

Saya menulis artikel ini setelah kemarin sempat googling cari-cari aplikasi perekam layar yang ringan dan gampang di pakai. Saya cari untuk keperluan di kantor, saya mau bikin tutorial sistem pendaftaran yang ada di kantor saya. 

Dan, hasil dari cari-cari dan googling-googling di internet, saya nemu dua aplikasi yang bisa saudara -saudari semua coba.

Aplikasi pertama, OBS STUDIO
Ini aplikasi open source (setahu saya). Bebas download dan ukurannya pun tidak terlalu besar. Dari segi penggunaan juga simple. Namun setelah dibaca-baca, aplikasi ini ternyata bisa juga digunakan untuk live streaming, misal kita mau live dari youtube. Saya sudah mencoba untuk live streaming dengan akun youtube saya. Berhasil sih, meski belum 100%. Karena saya baru berhasil menampilkan layar hitam di layar youtube, belum bisa menampilkan gambar yang harusnya tampil. (Dan saya malah dapat teguran dari youtube, katanya konten live streamingnya tidak sesuai aturan. Padahal isinya cuma hitam gitu aja layarnya, tapi gapapa wis). Setidaknya, aplikasi ini memang sudah teruji untuk live streaming, sayanya saja yang masih belum menguasai hal teknis penggunaannya. Haha.

Kalau menggunakan OBS STUDIO untuk merekam aktivitas layar komputer, hal ini berhasil 100% buat saya. Hasilnya juga tidak mengecewakan. Kalaupun ada yang kurang dari aplikasi ini untuk merekam kegiatan layar komputer, mungkin hanya sedikit. Salah satunya adalah tidak semua kegiatan layar terekam. Terekam sih, tapi gimana ya jelasinnya, misal kita lagi buka sistem pendaftaran, terus bukan selection option, untuk milih jurusan kuliah, ada beberapa di option yang tidak terlihat. Tapi menurut saya itu tidak terlalu meganggu.  

Pilihan kedua adalah Active Presenter, aplikasi ini bisa di download disini : ACTIVE PRESNTER
Gratiskah? Ya, ini ada opsi yang gratis, ada juga yang premium. Kalau sekedar untuk merekam kegiatan layar komputer saja, ambil yang gratis sudah lebih dari cukup. Sama seperti OBS, sepertinya aplikasi ini tidak semata untuk perekam layar saja. Banyak fitur-fitur lainnya yang dijelaskan dengan lengkap di website mereka. Sila dibaca-baca apa saja fitur-fitur lainnya.

Hal yang membuat Active Presenter lebih unggul, kalau menurut saya adalah opsi perekamannya yang lebih simple. Gampang, bahkan buat yang awam sekalipun. Lebih lagi, ada opsi untuk editing langsung hasilnya.

Jadi, kalau saudara-saudari sekalian sedang mencari aplikasi perekam kayar komputer, dua aplikasi ini bisa dicoba. Dulu saya pernah coba dengan CATAMSIA, tapi setahu saya ini berbayar dan saya tidak berhasil mengoperasikannya dengan baik. Mungkin sayanya yang kurang pintar. Haha.

Selamat berkarya, selamat mencoba, semoga berhasil!

*****
Previous
Next Post »