Sekedar catatan perjalanan yang tak menarik

              Hari libur kerja, meski bukan ahad. Tanggal merah yang nyempil di tengah-tengah minggu. Hihi. Coba sering-sering begini, enak kali ya??? (Bos gw pasti bakalan bilang, enakan di elu, Son! Kalau gw mah kagak. Rugi kalau libur mulu) hakakakakak. Yahhh, beda orang kan beda cara pandang. Jadi maklum saja lah, Bos. :p

                Iseng, daripada tidak iseng, tadi berdua sama My Bro gw jalan-jalan naik busway ke pulogadung. Nggak ada tujuan sih. Naik aja, biar bisa ngobrol sembari nikmati perjalanan. Gw naik dari halte busway sumber waras. Rencana ya cuma naik begitu doank, bolak balik sumber waras-pulogadung, pulogadung –sumberwaras, udah abis itu turun. Sekalian abis itu My Bro katanya mau beli HP baru di Roxy Mas. Rencana yang bagus. Dari sumber waras kan bisa jalan kaki ke Roxy.

                Halte sumber waras sepi. Gw langsung aja beli tiket. Tapi di kaca depan kasir ada tulisan kertas yang di tempel, pemberitahuan kalau hari ini bus agak lama, ada pengalihan jalur. Ah, paling jalur sekitar istana di alihin, pan ada upacara penurunan bendera sore ini. Gw mah cuek aja. Kan emang lagi nggak buru-buru. Sengaja naik busway pengen bener-bener nikmatin perjalanan. (Refershing murah, buat yang dompetnya tipis kaya gw, kapan2 bisa dicoba. Wkwkwkwk.)

                Ternyata nggak lama juga gw nunggunya. Kurang lebih lima menit busnya udah nongol. Tapi sayang, bus pertama jalan pas antrean gw paling depan. Hadehhh. Nasib. Tapi beruntung, nggak jauh dari bus pertama, nongol bus kedua. Gw langsung masuk, nyelonong cari tempat berdiri di belakang. Dan dari yang gw amatin, rupanya petugas busway tetep aja galak biar kata bulan ramadhan. Masih suka teriak-teriak nyuruh penumpangnya tertib. Pan bisa ya ngomongnya nggak pake emosi? Atau karena memang beban kerja mereka yang terlampau berat, sampai menguras emosi jiwa dan raganya? #lebay#

                Di dalem bus sempat beberapa saat berdiri, tapi nggak lama kok. Abis itu dapet duduk nyampe pulogadungnya. Rada bingung juga sebenarnya, rencananya kan sebelum nyampai pull pulogadung gw mau turun, trus nyari arah busway yang muter balik lagi. Maklum, boy, biar bisa ngirit. Haha. Kalau udah nyampe pull kan gw harus beli tiket lagi. Tapi gw sama My Bro sama-sama nggak tahu, dan sama-sama lagi males nanya. Asyik masyuk duduk di kursi masing-masing. Ya wis, dalam hati gw bilang, pasrah sama nasib aja dah. Andelin insting masing-masing. Dan akhiirnya saudara-saudara, gw tetep nyampe ke pull pulogadungnya. Harusnya kan turun di halte terakhir sebelum terminal, di halte bermis namanya, tapi karena nggak tahu dan nggak mau nanya, beginilah akhirnya. Gw mau nggak mau beli tiket lagi kalau mau balik ke sumber waras naik busway. Nasib-nasib. #tepok jidat#

                Di dalem bus arah balik ke sumber waras yang berangkat dari pulogadung sepi. Mantap jaya dah. Gw bisa milih tempat duduk dimane aja. Keculai di samping pak kusir yang sedang bekerja. Dan sepertinya memang sepinya karena peminat dari jalur ini nggak begitu tinggi, buktinya, sepanjang jalur yang gw lewatin tadi (masih di daerah-derah pulogadungnya) penumpang nggak banyak yang naik. Bukan karena  hari libur. #sotoy#

Jalanannya banyak yang berlobang, Coy. Ada yang parah gila. Sampe gw bergoyang-goyang di dalem busway, ditemanin alunan lagunya Bang Haji. Mana busnya juga performancenya sudah tidak menarik lagi. Banyak kursi yang rusak, AC yang nggak dingin, air netes dari lubang angin di atasnya. Kalau disuruh kasih nilai grade 1 sampai 10, bus sama jalannya gw kasih 7 aja dah. (Udah lumayan dunk berarti??? Yah, gw kan ngga’ tegaan. Hahaha).

Perjalanan gw balik ke sumber waras nggak selancar seperti tadi perjalanan ke pulo gadung. Macet di sekitar istana. Jalurnya juga muter-muter. Ada satu jam lebih kayaknya gw kepanasan di jalanan, bersama puluhan penumpang lainnya. Gw mikir, masih bisa nggak ya nyampe Roxy sebelum maghrib. Gw kan belum sholat ashar? Ah, daripada nggak jelas mikirin jalanan macet, akhirnya gw milih tidur, sembari berdoa, semoga nyampai Roxy sebelum maghrib, biar sempet sholat ashar.

Dan, nasib baik menyertai kami berdua. Masih jam 5-an waktu gw nyampai di halte sumber waras. Tinggal jalan kaki aja kalau mau ke Roxy. Deket ini. Tapi masalahnya, masjid teredekat dimana? Udah sore begini. Di samping halte sumber waras ada rumah sakit sumber waras, gw pikir, pasti di rumah sakit ada musholanya. Akhirnya, bermodalkan nekat gw berdua masuk rumah sakit. Di papan pengumuman  depan ada tulisan, mushola ke arah kanan. Gw ngikutin aja petunjuknya. Dan, alahmakjang, bukan nyampe di musholla, gw malah nyasar ke kamar mayat. Dezigggg! Tapi bener sih, di sampingnya ada musholla. Masalahnya, kok mushollanya di kunci???? Apa gara-gara tanggal merah, orang yang sholatnya juga jadi libur???

Gw keluar lagi. Muter-muter daerah sumber waras. Syukur, akhirnya di pos polisi tomang ada musholannya. Ya sudah lah, akhirnya gw numpang ashar di musholla pospol. Habis itu, nyari makanan berbuka di sekitar Roxy. Sempet ada yang unik juga setelah buka puasa, pas lagi mau ngambil duit di ATM B*A, ada ATM orang yang ketinggalan di mesin. Wah,,,masih bisa transaksi kayaknya. Orang ketinggalannya juga belum lama. Ada pertanyaan “apakah anda ingin melakukan transaksi lagi?”, hemmm, parah nih orang yang ninggalin. Bisa dibobol nih kalo begini caranya. Untungnya gw sama my bro lagi bener. Akhirnya itu ATM dikeluarin aja sama My Bro. Karena nggak ada orang yang nyariin juga, untuk sementara itu ATM kita pegang. Asumsi gw, pasti orang yang keilangan ATM bakal ngeblokir ATM-nya kalau sadar ATM-nya ilang. Ya, udah, gw cabut dari Roxy, karena barang yang dicariin nggak ada.

Pulanggggg…. Zzz… zzz… zzz…

Oh iya, Buswaynya sempet geblek juga tadi, dari sumber waras ke arah pulogadung, pas di daerah gunung sahari, busnya sempet nabrak pembatas jalan gara-gara nikungnya terlalu tajem. Bikin orang-orang dalem bus kaget. Yang tidur pada bangun, yang bangun malah pada tidur. Tapi syukur Alhamdulillah, kami tetap selamat dalam perjalanan nggak jelas ini…

Udah Ah!!!
Previous
Next Post »