Jason Bourne (2016) : Keping Puzzle Jati Diri Bourne


Sempat absen di Bourne Legacy, setelah Trilogi Bourne, kini Mat Damon kembali menjadi Jason Bourne di film yang berjudul sama dengan namanya : Jason Bourne. Bila di trilogy Bourne sebelumnya, Bourne mencoba mencari tahu tentang identitas dirinya karena hilang ingatan, di Jason Bourne kali ini, Bourne seperti sedang melengkapi kepingan kisah tentang Treadstone, program rahasia CIA yang membuat David Webb -- identitas Bourne sebelumnya – menjadi Jason Bourne.

Bourne yang menghilang sejak mengungkap Blackbriar Program, kembali harus berurusan dengan CIA setelah mantan agen CIA, Nicky Parson, menemuinya untuk memberi tahu fakta sebenarnya tentang dirinya dan Treadstone. Nicky Parson meretas data CIA dan menemukan informasi tentang program Treadstone yang ternyata melibatkan langsung Richard Webb, ayah Jason Bourne.

Bourne yang semula memutuskan untuk menghilang, agar bisa tetap hidup, seperti yang dikatakannya kepada Nicky Parson, “kau menghilang, kau tetap hidup”, berubah pikiran setelah mengetahui fakta masa lalunya, ayahnya dan juga Treadstone.

Bourne kembali menjadi Bourne, dengan kesadaran penuh atas identitas dirinya di masa lalu. Siapa dirinya, kenapa dia bisa menjadi Jason Bourne dan kenapa dia kehilangan ayahnya. Semua fakta yang semula belum Bourne ketahui, menjadi lengkap. Misinya kali ini adalah: balas dendam yang dituntaskan.

Begitulah kiranya. Bisa jadi Bourne akan kembali dalam film berikutnya, bila menilik ending cerita yang menceritakan tentang ambisi Heather Lee, Kepala Divisi Cyber CIA yang sempat membantu Bourne menuntaskan dendamnya kepada Dewey, direktur CIA dengan dalih sama-sama ingin melenyapkan Dewey dengan motif yang berbeda,  yang ternyata ingin menjadi Direktur CIA.

Heather Lee mengungkapkan kepada Direktur Nasional, bisa membawa Bourne kembali ke CIA, namun bila itu tidak terjadi, maka Bourne harus disingkirikan. Yes, mungkin ini clue, bahwa pada akhirnya, pengejaran Bourne belum usai. Mari kita nanti. Adios permios!


*****
sumber gambar: imdb
Previous
Next Post »