Stop Crying Your Heart Out

Cause all of the stars have faded away, just try not to worry, you'll see them someday. Take what you need and be on your way. And stop crying your heart out

Yeahhh! Lagi seneng muter lagu yang satu ini. Biar gw ngga’ mudeng apa artinya, tapi sepenggal lirik di atas kok rasa-rasanya enak banget di dengerin. Bukan mau sok british lho ya! Kayak yang dibilang Jamrud dalam lagunya asal british, gw sekedar mengapresiasi saja lagu ini dengan cara gw, cara yang sangat sederhana. Boleh to? Bolehhhh lah. J

Ah, let’s sing wae lah pokokke. Hehe, nggak usah mikir yang macem-macem. Biar nggak jadi runyem.
“Kebodohan” apa lagi yang sudah gw lakuin hari ini? Hemmm, ada lah. Salah satunya adalah, tadi sore-sore sehabis ashar, gw tersesat dengan indah di Galeri Cipta III Taman Ismail Marzuki. Apa pasal? Gw salah liat tanggal, Man! Parah nggak tuh. Informasi yang gw dapet dari websitenya Dewan Kesenian Jakarta, bulan ini kegiatan Dewan Kesenian Jakarta salah satunya adalah bedah proses kreatif novel-novel karya NH Dini. Ini lagi-lagi bukannya gw mau sok mudeng tentang dunia sastra, tapi gw bener-bener pengen mudeng, gimana sih prosesnya hingga NH Dini bisa menjadi penulis produktif di Indonesia. Dimana di zamannya waktu itu, profesi penulis masih didominasi kaum pria, belum banyak lahir penulis-penulis dari kalangan wanita. Kembali ke acara Dewan Kesenian Jakarta, gw sempet share info kegiatan ini di fesbuk, siapa tahu ada salah dua teman yang mau gabung di acara ini. Acaranya adalah hari jum’at bulan November ini. Kesalahan fatal gw adalah, gw nggak crosscheck lagi tanggalnya. Dengan keyakinan 1000%, sehabis ashar gw jalan ke Taman Ismail Marzuki. Menyusuri jalan Jakarta yang belum begitu macet, perjalanan gw tidak memakan waktu lama. Gw malah sempet isi bensin dan mampir sholat ashar sebentar di musholla POM Bensin di daerah, ehmmm, namanya daerah apa tadi ya? Pokokknya daerah situ deh. Jalan yang mau ke arah tanah abang. Acaranya NH Dini dimulai jam tiga siang, batin gw, nggak apa-apa lah telat-telat dikit. Bukan acara formal ini. Dan akhirnya, gw sampai di TIM (Taman Ismail Marzuki) jam setengah empat kurang dikit.  Alhamdulillah yah, sesuanto banget. Gw liat, di depan pintu masuk, lagi rame tukang tenda yang panjat-panjatan. Maksudnya panjat-panjatan sama tiang penyangga tenda. Sepertinya ini tenda buat acara wayang kulit besok malem deh. Gw kudu nonton nih. Udah lama nggak nonton wayang kulit soalnya. Masuk lebih ke dalem lagi, banyak spanduk terpasang di kanan-kiri jalan. Melewati jajaran kantin yang lagi rame pembeli. Di pojokan, setelah melewati kantin terakhir, gw markir motor berjajar dengan motor-motor yang sudah parkir lebih dulu. Tepat di depannya adalah Galeri Cipta III TIM. Melongok sebentar dari luar, kok sepertinya sepi-sepi aja? Nggak seperti acara dua bulan lalu ya? Sempat ragu, mau masuk apa enggak, akhirnya gw nanya ke dalem.

“Sore, pak, disini bener ada acaranya NH Dini ya?”

“ Apa???”

“NH Dini, Pak”

Dua pria yang lagi asyik ngobrol itu, memperhatikan gw dari atas sampai bawah. Mungkin dalam hatinya bilang, ini orang tampilannya kucel banget.  Gw sih cuek aja. Sempet sedikit nyuri pandang di buku tamu sama karangan bunganya, ini kok bukan acaranya NH Dini batin gw. Malah seperti acara kawinan gitu.

“Oh, bukan, Mas. Bukan”

Sambil agak males Mas yang satu jawab pertanyaan gw. Dan sepertinya dia juga bingung, NH Dini itu siapa ya? Yang nikahan namanya bukan NH Dini deh kayaknya.

“Oh, ya udah. Makasih ya, Mas!”

Gw ngeloyor begitu aja. Meninggalkan mas-masnya yang kembali asyik terlibat dalam obrolan. Nggak mau ambil pusing sama urusan gw.

Gw duduk di samping teater kecil, memandangi anak-anak sanggar tari yang lagi latihan. Di sebelahnya, sebuah toko buku rame sama ibu-ibu yang menunggui anak mereka latihan tari. Memasuki galau tingkat maksimal, akhirnya gw buka fesbuk gratisan pake hape gw. Nyari-nyari informasi di akunnya Dewan Kesenian Jakarta.  Dan, sebuah fakta terkuak sudah. Acaranya bedah proses kreatif novel NH Dini memang digelar hari jumat bulan ini. Nggak salah lagi. Tempatnya juga di Galeri Cipta III TIM. Lalu kenapa tadi nggak ada orangnya??? Gw yang salah, Man! Acaranya masih minggu depan. *glek*. Gw kerajinan. Acaranya masih seminggu lagi, tapi gw sudah dateng. Sampai jenggotan gw duduk nongkrongin Galeri Cipta III, NH Dini juga kagak bakalan muncul. Lha wong masih minggu depan.

Sudah nggak ada pilihan lagi. Gw memutuskan pulang dengan mebawa rasa dongkol dan jengkel sama diri sendiri. Kembali gw menyusuri jalanan Jakarta yang sudah mulai padat. Diiringi lagunya oasis, Stop Crying Your Heart Out.
Previous
Next Post »